Entri Populer

Rabu, 09 November 2016

Filateli, Hobi Sekaligus Investasi





FILATELI bisa dibilang sebuah hobi yang langka di zaman internet seperti sekarang ini. Kemudahan mengirim surat lewat layanan surat elektronik (email) membuat pemanfaatan surat manual berkurang cukup drastis. Sebelum ada internet, orang biasa berkirim surat untuk menyampaikan pesan-pesan pribadi, kini fungsi surat tergantikan oleh layanan chating dari berbagai aplikasi atau media sosial. Alhasil pemanfaatan prangko pun menurun drastis.

Lalu apa hubungan prangko dengan hobi yang kita bahas kali ini?

Ya, prangko merupakan salah satu bagian benda koleksi dalam hobi filateli. Filateli adalah kegiatan mengumpulkan atau mengoleksi benda pos, seperti prangko. Baik itu prangko bekas (yang sudah dicap) maupun prangko baru. Adapun orang yang terjun melakukan hobi filateli dikenal dengan nama filatelis.

Meski sedikit orang menggunakan jasa surat pos dan menempel prangko, hobi filateli tak semata mati. Masih ada orang-orang maupun komunitas filateli yang tekun menjalankan hobi ini. Apa sih asyiknya?

Awalnya prangko diciptakan sebagai bea pengiriman jasa surat. Tanpa ditempel prangko, surat tentu tidak diproses untuk dikirim ke alamat tujuan. 

Selain berfungsi sebagai bea pos, prangko juga memiliki nilai tambahan yakni keindahan (estetika) dan pendidikan (edukasi). Karenanya prangko dicetak dengan gambar dan ukuran beraneka jenis yang khas dan indah. Sedangkan fungsi edukasi disematkan dalam pesan yang dimuat dalam gambar prangko. Misalnya, prangko bergambar Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 yang menunjukkan kota-kota yang dilalui gerhana, prangko seri dongeng rakyat nusantara sekitar tahun 1998, prangko seri rumah adat Indonesia, prangko seri flora dan fauna khas Indonesia serta banyak contoh lainnya.

Menurut penulis, karena dua fungsi yang diulas terakhir itulah menjadi alasan kenapa prangko layak dikoleksi. Prangko juga memiliki fungsi tambah sebagai benda seni yang memuat perjalanan suatu negara. Dengan mengoleksi prangko, sama halnya dengan membuat album kenangan tentang capaian segala aspek kehidupan sebuah negara. Apakah Anda percaya?

Secara sederhana saya jelaskan seperti ini. Prangko khusus biasanya dicetak untuk mengenang momentum atau peristiwa tertentu. Misalnya, peristiwa gerhana matahari total yang barangkali siklusnya ratusan tahun sekali, gelaran event pekan olahraga nasional (PON), piala dunia dan lain-lain. Dengan mengoleksi prangko, tentu kita mengawetkan sebuah momentum bersejarah atau peristiwa penting. Oleh karena itu, menyimpan prangko samahalnya dengan berinvestasi.

Kuncinya harus bersabar dan bertukar info dengan sesaa filatelis atau aktif di grup filateli. Prangko yang berusia 50 tahun, 100 tahun, atau bahkan lebih misalnya prangko 'Peny Black' tadi, tentu dicari para kolektor. Dengan demikian, prangko unik atau prangko khusus nilainya menjadi tak terkira karena menjadi benda seni yang dicari.

Lalu bagaimana cara memulai hobi ini?

Sederhana saja, mulailah dari mengumpulkan perangko. Bisa sembarang prangko yang diperoleh dari melepas prangko bekas yang menempel di amplop surat. Melepasnya pun harus hati-hati agar tidak merusak wujud fisik prangko. Bila tidak mendapati prangko bekas di rumah, Anda bisa menuju kantor pos terdekat dan menanyakan bagaimana cara mendapatkan prangko bekas. Di kantor pos pun anda bisa menyengaja membeli benda pos seperti prangko baru atau sampul hari pertama terbit untuk dikoleksi. Menyimpan prangko baru pun hal yang bagus, apalagi bila mengkoleksi prangko yang utuh.

Oya, bagi filatelis pemula bisa menghubungi atau bergabung dengan komunitas filatelis di kota masing-masing. Dengan bergabung bersama komunitas, banyak hal bisa diperoleh dan berkegiatan bersama. Misalnya bertukar koleksi prangko, diskusi, maupun hal-hal lain.

Menjadi filatelis? yoo ayooo.

Oya saya memiliki dua album perangko, kebanyakan dari prangko luar negeri dari India, China, Cuba, Hongkong, Australia, Amerika Serikat, Belanda, dan lainnya. Bila ingin bertukar prangko, bisa hubungi saya di 082133757839. (**) 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bermain sabung ayam menang 8x dapat bonus hingga 500rb gan!! kunjungi agen sabung ayam terbaik untuk mendapatkan akun sabung ayam anda..
Hubungi kami di WA: +62-812-2222-995 & Telegram : @bolavitacc