Entri Populer

Rabu, 19 Oktober 2016

Lomba Mewarnai Mengasah Ketelitian Anak




JANGAN anggap enteng event atau gelaran lomba mewarnai bagi anak-anak. Pasalnya, melalui kegiatan ini rupanya bisa mendatangkan banyak manfaat untuk mendorong masa tumbuh kembang. Misalnya, mengasah ketelitian, kehati-hatian, kesabaran, dan nilai seni.

Karena itu, Taman Baca Masyarakat (TBM) Bawor berinisiatif menggelar lomba mewarnai bagi murid TK dan SD. Lomba diadakan secara sederhana di kompleks pingpongan RT 05 RW 07 Kelurahan Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas pada Minggu sore, 16 Oktober 2016. Kegiatan diikuti oleh 20 peserta yang terbagi dari kelompok A (usia TK), kelompok B (murid kelas 1-3 SD), dan kelas C (murid kelas 4-6 SD).

Pendiri TBM Bawor, Hanan Wiyoko mengatakan, kegitan ini untuk membiasakan anak-anak di kompleks taman baca untuk berani tampil dan memiliki semangat berkompetisi. Selain itu juga dimaksudkan untuk mengenalkan TBM Bawor di RT 05 RW 07 Bancarkembar.

"Alhamdulillah, konsepnya sederhana tapi mendapat sambutan antusias anak-anak dan orangtua. Kegiatan ini bisa dimaknai untuk merangsang anak agar memiliki kemauan untuk datang dan membaca di TBM Bawor," ujar Hanan yang juga Ketua RT 05 RW 07 ini.

Sebelum dimulai lomba, para peserta terlebih dahulu mengikuti sesi latihan mewarnai yang diadakan empat hari sebelumnya. Saat digelar lomba, tiap peserta mengerjakan kertas mewarnai yang berbeda-beda. Untuk kelompok A, peserta mewarnai gambar buah dengan bidang warna yang besar. Kemudian kelompok B mewarnai gambar anak perempuan bermain pasir di pantai. Sedangkan kelompok C mengerjakan bidang gambar dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit yakni gambar dua Minion bermain di laut. Saat sesi lomba digelar, para orangtua terlihat di lokasi. Mereka menyemangati dan mengarahkan anak untuk memberi warna yang sesuai.


Diakhir acara, pengurus TBM memberikan bingkisan kepada juara 1 dan 2 dari setiap kategori. Yang dianggap menang adalah hasil karya yang memiliki komposisi warna bagus, rapi, serta mewarnai dengan teliti. Sebagai pemenang di kategori A adalah Zidan dan Gusti. Pemenang 1 dan 2 kategori B adalah Salma (Kelas 3 SD AL Irsyad 1 Purwokerto) dan Sandova (Kelas 3 SDN 3 Bancarkembar). Sedangkan juara 1 dan 2 kategori C adalah Nabila (Kelas 6 SDN 3 Bancarkembar) dan Wahyu. Karya-karya para pemenang terbilang bagus dan indah. Kegiatan ditutup dengan foto bersama para peserta sembari memegang hasil karyanya. (**) 

Tidak ada komentar: