Entri Populer

Rabu, 26 Oktober 2016

Menuju Kemandirian Desa dengan Tri Matra

Para Pendamping Desa sedang berdikusi kelompok di sela-sela Pratugas 2016


PROSES menuju desa mandiri ditopang oleh pilar yang bernama Tri Matra. Konsep tiga strategi jitu ini dikembangkan oleh  Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT). Kami, para calon Pendamping Desa (PD) Provinsi Jawa Tengah mendapat materi ini dalam sesi pratugas, 23 Oktober-4 November di Semarang.

Lalu apa itu Tri Matra?

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes, Ahmad Erani Yustika mengatakan, ada tiga fokus yakni Jaring Komunitas Wira Desa (Jamu Desa). Program ini mengutamakan peningkatan kapabilitas masyarakat dan kapasitas lembaga desa. Kedua, Lumbung Ekonomi Desa (Bumi Desa) yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi secara kolektif berbasis potensi lokal. 

Dan ketiga,  Lingkar Budaya Desa (Karya Desa) memastikan seluruh gerak pembangunan selaras dengan budaya lokal sehingga mampu menjaga keberlanjutan pembangunan.

Dijelaskan lebih sederhana, Jamu Desa merupakan upaya penguatan daya dan ekspansi kapabilitas masyarakat desa. Contoh kegiatan yang dilakukan misalnya : pelatihan, pendidikan formal, pendidikan informal, sanggar belajar, rumah belajar masyarakat, perpusatakaan desa.

Untuk konsep Bumi Desa cenderung penguatan ketahanan pangan di desa. Misalnya, pengorganisasian gabungan kelompok tani, pembentukan BUM Desa, pembentukan KUD/UEP/KUBE/koperasi, dan lainnya. Adapun matra ketiga, Karya Desa menekankan pada upaya mengguah kesadaran masyarakat desa untuk menjaga budaya lokal misalnya kegiatan gotong royong.

"Proses berdesa menuju desa mandiri ditopang oleh Tri Matra tadi," kata pelatih di kelas kami, Apriyanto, tenaga ahli pemberdayaan partisipatif dari Kabupaten Semarang. (**)

1 komentar:

onidafoe mengatakan...

Pusati - The Online Sportsbook by Pusati
The online sportsbook Bet on horse racing with Pusati is 온라인카지노 an online horse betting website that prides itself on being 토토사이트 the premier online horse betting site in