Entri Populer

Selasa, 11 Oktober 2016

Relawan Bantu Polisi Seberangkan Pelajar


Sinergi Babinkamtibmas-Keamanan, Pertama di Kabupaten Banyumas



KAMPUNG 57, BANCARKEMBAR - Priiiit..priiit..priiit. Suara peluit terdengar melengking. Disusul kibasan bendera semaphore memberi tanda kepada pengguna jalan. Sejurus kemudian, rombongan anak-anak sekolah dasar bergegas menyeberang menuju ke sekolah. Lalu lintas di depan SDN 3 dan SDN 4 Bancarkembar di Jalan Ringintirto sangat liput di pagi hari. Ego pengguna jalan kadang membuat penyeberang yang kebanyakan pelajar sulit melintas. 

Di marka jalan terlihat beberapa orang. Satu berseragam polisi berompi hijau dan sejumlah pria berseragam kemeja hijau hitam bertuliskan Seksi Keamanan RW 07 Bancarkembar.  Kehadiran para petugas seksi keamanan RW untuk membantu polisi mengatur lalu lintas di depan sekolah adalah hal baru. Barangkali, kegiatan yang dilakukan Seksi Keamanan RW ini adalah yang pertama di Kabupaten Banyumas.

Kehadiran para relawan ini dimulai 5 Oktober lalu. Dipimpin Ketua RW 07 Nurkanto dan Kordinator Seksi Keamanan RW 07 Irianto mereka melibatkan anggota untuk turun ke jalan raya. 
Tugasnya mengamankan para pelajar dan warga sekolah yang hendak berangkat ke SDN 3 dan SDN 4 Bancarkembar. Dua sekolah ini bersebelahan yang berada di tepi jalan Ringintirto. Meski berada di tepi jalan ramai, pihak sekolah tidak menyiapkan petugas sekolah untuk membantu anak menyeberang. Tugas keamanan mengatur arus lalu lintas depan sekolah dijalankan oleh Bripka Supriyo Bhabinkamtibmas Polsek Purwokerto Utara, seorang diri. Di pintu masuk sekolah ada traffic cone warna oranye.

"Arus lalu lintas di depan sekolah ramai. Sangat terbantu dengan kehadiran Seksi Keamanan RW 07 Bancarkembar yang bertugas menyeberangkan para pelajar," kata Mas Priyo, begitu panggilan akrab bripka asal Desa Ledug, Kecamatan Kembaran Banyumas ini.

Menurutnya, kehadiran relawan dari seksi Keamanan RW perlu diapresiasi.

"Di Kabupaten Banyumas barangkali hanya disini (Bancarkembar) yang seperti ini. Perlu diteruskan," harapnya ditemui usai bertugas.

Ketua RW 07 Nurkanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kesadaran dari anggota Seksi Keamanan RW. Menurutnya, belum ada jadwal yang mengatur giliran turun ke jalan. Rencana membantu Babinkamtibmas bertugas di depan SD sebelumnya sudah disosialisasikan di rapat RW yang diadakan Selasa, 4 Oktober lalu.

"Ini pelayanan masyarakat yang tumbuh dari kesadaran anggota Seksi Keamanan. Tujuannya membantu mengamankan para pelajar maupun warga sekolah yang menuju ke sekolah," ujarnya. Ia menambahkan, tetap ada pengguna jalan seperti pengendara motor yang tidak mau memperlambat kecepatan meski sudah diberi tanda untuk melambat.

Kehadiran polisi dibantu relawan pengatur lalu lintas ini direspon positif oleh masyarakat dan pengguna jalan. Terkadang mereka yang penasaran ada yang berhenti, menepi dan kemudian bertanya aktivitas tersebut. Beberapa orang heran dan bertanya, apa mereka mendapat honor? bagaimana kegiatan tersebut bisa tercipta? 

"Menyeberang rasanya lebih aman karena ada pak polisi dan dibantu bapak-bapak Seksi Keamanan. Terima kasih sekali," kata Ibu Tum yang mengantar anak keduanya ke sekolah. 

Selamat bertugas pak Polisi dan bapak-bapak Seksi Keamanan RW 07 Bancarkembar.
Hati-hati dalam bertugas. (**)





Tidak ada komentar: