Entri Populer

Senin, 31 Oktober 2016

Yuk Intip Kelas Paling Kompak di Pratugas Pendamping Desa Jateng 2016


MASA pratugas Pendamping Desa terbilang cukup lama. 12 hari. Kadang pelatihan rata-rata ya antara tiga hari hingga satu pekan. Rasa kangen karena jauh dari anak dan istri serta keluarga begitu membuncah selama pelatihan. Tentu jadi hal yang lumrah.

Bersyukur hari-hari pratugas di kelas kami terasa menyenangkan. Tidak lain karena suasana belajar di kelas yang interaktif sehingga tidak membosankan. Bayangkan, selama pratugas kami harus melahap 12 pokok bahasan yang diajarkan dari jam 08.00 pagi hingga jam 05.00 sore. Oya, kami berada di kelas 1 Hotel Quest Semarang. Di kelas juga diorganisir dengan dipilih pengurus kelas yakni Ketua Kelas Bapak Nuriman (Brebes), Sekretaris Mbak I Wulan (Boyolali), serta time keeper Ahsin dan Lutful.

Di kelas kami tercatat ada 32 nama peserta pratugas. Namun empat orang tak pernah hadir. Jadi tercatat ada 28 peserta dari beberapa kabupaten se-Jawa Tengah. Selama pratugas, materi disampaikan oleh tiga orang Tenaga Ahli (TA) yang mumpuni, yakni Sumirat Cahyo Widodo (TA PD Kab. Grobogan), Apriyanto (TA PP Kab. Semarang), dan Sunarlan (TA ID Kab. Sukoharjo). Ketiganya mampu membawakan materi dengan baik, yang banyak diselingi guyon jadi kami tidak ngantuk atau bosan.

Selain itu, suasana akrab juga terjalin antarpeserta pratugas. Meski hampir seluruh peserta baru saling mengenal dan baru pertama kali bertemu di Semarang tapi pertemanan bisa segera terbangun. Guyon bareng, kongkow bareng sering dilakukan baik saat sesi istirahat atau usai pelatihan kala malam hari.

Salah satu acara keakraban di kelas kami adalah 'jalan bareng'.  Barangkali selama 8 hari pelatihan, baru kelas kami yang pergi bareng-bareng satu kelas. Tujuan kami adalah ke kompleks Tugu Muda. Bagitu sampai di parkiran Museum Mandala Bakti tiba-tiba turun hujan. Menunggu hujan reda, kami singgah di warung angkringan D'Museum. Di tempat ini, kami bergembira melupakan berbagai rasa jenuh dan bosan dengan cara bernyanyi dan joged. Yang bosan makanan di hotel, juga banyak yang menikmati nasi dan hidangan ala angkringan. Setelah hujan reda, kami sempatkan membuat foto bersama dan kembali ke hotel karena waktu menunjukkan pukul 22.00 WIB.

Semoga rasa kebersamaan yang terbangun dalam pratugas ini akan dibawa hingga kembali ke kabupaten masing-masing. Sebagai kenangan, berikut foto-foto dalam pratugas






Berikut nama para calon Pendamping Desa di kelas 1 : Ahsin Sofi (grobogan), Bambang Yuli Setyo (Sukoharjo), Indi Tsamul Fuad (Batang), Hanan Wiyoko (Banyumas), Muh Najib Azis (Demak), Muh Arif Sholihan (Magelang), Eko Budiarto (Klaten), Nuriman (Brebes), Yono Setiyono (Pemalang), Muh Sobir (Kebumen), Pambudi Nugraha (Purworejo), Saiful Arif Rokhman Setiawan (Demak), Muh Lutful Mazidul Khahir (Tegal), Eko Mulyanto Sumirat (Kebumen), Hendra Widodo (Demak), Roman Sugito (Banyumas), Arif Wahyudi (Rembang), M Ali Burhanudin (Tegal), Arif Widodo (Sukoharjo), Adip Rochani (Temanggung), Farit Sakroni (Banjarnegara), Pujiana (Karanganyar), Nur Khasanah (Purworejo), Khanafi Harun (Magelang), I Wulandari Saptaningrum (Boyolali), Sugesti Sri Linuwih (Sukoharjo), Anik Astuti (Cilacap), dan Putri Adi Kumalasari (Magelang). 

Yuk simak video Keakraban kelas Pratugas kami...kereeeen lo

Tidak ada komentar: