Entri Populer

Selasa, 25 Oktober 2016

Tips Sukses Pre Test Pendamping Desa



PRE TEST atau test awal menjadi bagian dari acara pembuka Pratugas Pendamping Desa Provinsi Jawa Tengah yang digelar pada hari kedua, Senin (24/10) kemarin. Pre test menjadi tolok ukur pengetahuan awal para Pendamping Desa (PD) sebelum mengikuti pra tugas selama 12 hari.

Bagian pre test menjadi rangkaian kegiatan yang ditunggu oleh para PD. Beberapa ada yang menyiapka secara khusus dengan belajar, tapi banyak pula yang memilih santai menghadapi pre test. Toh pra PD sebelumnya sudah melewati rangkaian test yang bisa dibilang tidak ringan. Bagi saya sendiri, menjelang pre test saya perbanyak membaca kembali UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Maklum, lamanya menunggu masa pra tugas sejak pengumuman lolos seleksi cukup lama sehingga perlu update informasi.

Dari jadwal yang dibagikan panitia, pre test dilakukan hari kedua setelah acara pembukaan dan orasi materi dari narasumber. Teknisnya, para peserta dibagi per kelas. Saya sendiri masuk kelas 1 yang lokasinya di Quest Hotel. Tibalah waktunya mengerjakan test. Pelatih kelas kami, mas Cahyo (Tenaga Ahli dari Kabupaten Rembang) membagikan soal.

Rupanya, soal pre test ini jenisnya pilihan ganda (multiple choice). Jumlahnya ada 20 butir. Melihat soal jenis ini rasanaya persis seperti soal ujian pelajar di sekolah. Adapun waktu pengerjaannya dibatasi selama 30 menit.

Bagaimana soal ujian ini? Komentar saya, soalnya sih gampang. Jawabannya juga gampang hehehe. Tidak sampai batas waktu, rata-rata para peserta pratugas sudah mengisi penuh lembar jawaban. Gampang, kuncinya Anda harus mau belajar atau setidaknya membaca kembali UU Nomor 6 Tahun 2014. Selain itu, Anda juga disarankan mengerjakan dengan penuh percaya diri. Tak usah terpengaruh jawaban dari teman atau melakukan tindakan mencontek. Nilai jawaban dari pre test hanya digunakan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan awal para PD sebelum mengikuti ujian.

“Kami jadi tahu materi mana yang masih belum dikuasai oleh para peserta,” kata Cahyo, pelatih di kelas kami. 

Akhirnya, selamat menjalankan pra tugas bagi teman-teman PD tahun 2016. Bagi teman-teman PLD (Pendamping Lokal Desa), tetap sabar nantinya jadwal pratugas akan segera tiba. (**)

Tidak ada komentar: